Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022

Daftar Isi

Lowongan Kerja Calon Asisten Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022

Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022

Ombudsman Republik Indonesia merupakan Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Miliki Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara dan/atau anggran pendapatan dan belanja daerah (Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia).

Ombudsman merupakan Lembaga Negara yang bersifat mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan Lembaga Negara dan instansi pemerintahan lainnya, serta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya (pasal 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia).

Agar Dapat Diterima Melamar Kerja di BUMN - Agar dapat diterima bekerja di BUMN, diperlukan strategi yang sederhana namun efektif. Tentunya sebagian besar masyarakat khususnya para pencari kerja sudah mengetahui bahwa Badan Usaha Milik Negara atau BUMN memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja.

Bukan tanpa alasan mengingat akan ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui. Jika tidak mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka sangat mungkin nantinya akan dinyatakan tidak valid dan tidak dapat melanjutkan ke seleksi selanjutnya. Namun, jangan khawatir. Di bawah ini akan kami uraikan kiat-kiat agar diterima bekerja di BUMN.

Untuk bisa lolos dan lulus ujian masuk BUMN memang ada beberapa langkah efektif yang sangat sederhana namun bisa dijadikan pedoman agar bisa diterima di perusahaan BUMN.

Periksa Dokumen dan Selalu Terkini. Pada tahap ini, Anda harus memenuhi semua dokumen yang diperlukan. Dari IPK minimal, jurusan yang sesuai, dan kelengkapan lainya. Kunci sukses menjalani tahapan ini adalah selalu update tentang pengumuman di website resmi BUMN via online.

Pasalnya, untuk saat ini BUMN sering membuka lowongan pekerjaan secara online. Namun, perlu diketahui, pembukaan lowongan BUMN untuk pendaftaran tersebut tidak membutuhkan dana dalam jumlah tertentu.

Buatlah CV Yang Serapi Mungkin dan Mudah dipahami. Sebagai salah satu tahap pre-test, CV merupakan bagian penting yang akan memberikan kesan kepada BUMN yang Anda lamar. Oleh karena itu, buatlah CV sebaik mungkin. Artinya, lebih banyak memberikan informasi tentang diri Anda secara jelas dan mudah dipahami.

Jadi, tampilan CV juga sangat mempengaruhi penilaian para penyeleksi meskipun tidak terlalu berpengaruh terhadap lulus atau tidaknya. Namun, satu poin penting adalah bahwa CV harus didasarkan pada detail informasi pribadi, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja/organisasi yang terkait dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

Temukan Informasi Tentang Profil Perusahaan. Selain itu, temukan berbagai tips agar bisa diterima bekerja di BUMN, dapat mencari informasi detail terkait profile perusahaan. Hal ini sangat penting dilakukan saat memasuki tahap wawancara.

Karena pengetahuan kita tentang company profile akan menunjukkan bahwa Anda memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut. Maka tidak heran jika pengenalan awal profil perusahaan yang Anda lamar menjadi salah satu hal yang harus dipahami agar bisa diterima bekerja di BUMN.

Saat ini Ombudsman Republik Indonesia kembali membuka lowongan kerja bagi lulusan D4/S1 hingga S2 untuk mengisi posisi Calon Asisten yang sedang kosong dengan persyaratan sebagai berikut:

Calon Asisten Ombudsman Republik Indonesia

Kualifikasi

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Bebas dari segala bentuk narkotika dan obat-obatan terlarang
  5. Cakap, jujur, memiliki integritas moral, memiliki kapabilitas dan memiliki reputasi yang baik
  6. Berusia paling rendah 22 (dua puluh dua) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 Juni 2022
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan (S-1/D-IV atau S-2) dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol), dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri yang Program Studinya terakreditasi A/Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan
  8. Apabila tidak tertulis dalam ijazah maka dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas atau tangkap layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditasi Program Studi/Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi berasal dari portal https://banpt.or.id atau surat akreditasi yang dimiliki perguruan tinggi dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi
  9. Bagi pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi
  10. Mampu mengoperasikan komputer minimal program Microsoft Office
  11. Tidak pernah dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih
  12. Bersedia tidak merangkap dalam jabatan pegawai negeri, anggota partai politik, advokat, serta profesi lainnya

File Lamaran

  • Surat Lamaran (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Daftar Riwayat Hidup (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Pasfoto terbaru ukuran (4×6) berwarna dengan latar belakang biru (format file jpeg/jpg, maksimal 500 KB)
  • Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli ijazah pendidikan dengan strata pendidikan S-1/D-IV atau S2. Bagi Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi (dijadikan dalam 1 (satu) file pdf, maksimal 1 MB)
  • Asli transkrip nilai pendidikan dengan strata pendidikan S-1/D-IV atau S2. Bagi Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi (dijadikan dalam 1 (satu) file pdf, maksimal 1 MB)
  • Asli surat keterangan akreditasi program studi atau tangkapan layar (screen capture) Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi berasal dari portal https://www.banpt.or.id (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Keterangan Pengiriman Lamaran Kepolisian yang masih berlaku (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup (Rp10.000), bahwa tidak pernah dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)\
  • Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah (format file pdf, maksimal 500 KB) disampaikan pada saat pelamar dinyatakan lulus pada psikotes
  • Asli Surat Keterangan Bebas Narkotik dan Zat Adiktif lainnya dari Badan Narkotika (Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kota) (format file pdf, maksimal 500 KB) disampaikan pada saat pelamar dinyatakan lulus pada psikotes
  • Bagi Pelamar penyandang Disabilitas yang melamar dalam formasi disabilitas melampirkan syarat tambahan berupa Surat Keterangan Dokter yang berlaku dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri diatas kertas yang bermaterai cukup (Rp10.000) (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Asli Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Penyesuaian Ijazah diatas kertas yang bermaterai cukup (Rp10.000) (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup (Rp10.000), bahwa bersedia untuk tidak merangkap sebagai anggota Partai Politik, Advokat, serta profesi lainnya (antara lain: Dokter, Akuntan, Notaris, Pejabat Pembuat Akte Tanah), apabila yang bersangkutan diterima sebagai Calon Asisten (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup (Rp10.000), bahwa seluruh informasi dan dokumen yang disampaikan merupakan dokumen asli yang sah dan dapat dibuktikan keasliannya (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Periode pendaftaran seleksi dimulai pada tanggal 14 Februari 2022 s.d. 7 Maret 2022
  • Dihimbau agar pelamar melakukan proses pendaftaran menggunakan PC/laptop

CARA MELAMAR

Bagi anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi diatas, silahkan kirim lamaran Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022 melalui link berikut:

DAFTAR LOWONGAN KERJA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA MARET 2022

Lowongan kerja ini tidak dipungut biaya. Lamaran yang tidak memenuhi kualifikasi diatas tidak akan diproses. Hanya kandidat terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Lamaran Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022 diterima paling lambat: 07 Maret 2022.

Gabung Telegram lokernesia.id untuk mendapatkan informasi Lowongan Kerja terbaru

Jangan lupa menabung kebaikan dengan membagikan informasi Lowongan Kerja Ombudsman Republik Indonesia Maret 2022 ke kerabat anda yang membutuhkan dan mencantumkan Lokernesia.id sebagai preferensi informasi lowongan kerja anda agar website ini tetap eksis