Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lowongan Kerja Bank Indonesia April 2021

Lowongan Kerja 15 Posisi Bank Indonesia April 2021

Lowongan Kerja Bank Indonesia April 2021

Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia sesuai Pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD) dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.

Sebelum dinasionalisasi sesuai Undang-Undang Pokok Bank Indonesia pada 1 Juli 1953, bank ini bernama De Javasche Bank (DJB) yang didirikan berdasarkan Oktroi pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Sebagai bank sentral, BI mempunyai tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua dimensi, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa domestik (inflasi), serta kestabilan terhadap mata uang negara lain (kurs).

Saat ini Bank Indonesia yang berlokasi di Jakarta kembali membuka lowongan kerja bagi lulusan S1 untuk mengisi beragam posisi yang sedang kosong dengan persyaratan sebagai berikut:

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian sesuai yang dipersyaratkan oleh Bank Indonesia.
  3. Memiliki pengalaman kerja sesuai yang dipersyaratkan oleh Bank Indonesia.
  4. Bersedia melepaskan ikatan dinas di Perusahaan/Instansi sebelumnya apabila diterima sebagai calon pegawai Bank Indonesia.
  5. Tidak memiliki orang tua dan mertua, atau saudara (kandung/tiri/angkat), atau suami/istri yang bekerja sebagai pegawai Bank Indonesia apabila diterima sebagai calon pegawai Bank Indonesia.
  6. Hanya kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan mengikuti tahap seleksi

1. AHLI AKUNTANSI SYARIAH (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendidikan minimal S2 Jurusan Ilmu Akuntansi, diutamakan yang memiliki spesifikasi akuntansi syariah
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021
  4. Diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun diutamakan di bidang keuangan syariah, konsultansi keuangan syariah, atau audit ekonomi/keuangan syariah.
  2. Memiliki pengalaman dalam menyusun pedoman pencatatan yang sesuai dengan sharia accounting standard/compliance terkait dengan instrumen, produk, dan transaksi dalam rangka pendalaman pasar keuangan syariah, baik pasar keuangan syariah komersial, sosial, dan integrasi keduanya, termasuk transaksi keuangan digital.
  3. Memiliki pengalaman dalam melakukan audit/due diligence atau memberikan advis terkait dengan sharia accounting compliance atas suatu instrumen, produk, atau transaksi.
  4. Memiliki pengalaman dalam melakukan kajian dan penelitian/riset kebijakan serta menyusun policy action recommendation untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  5. Memiliki pengalaman dalam melakukan analisa, asesmen, dan review data/informasi/laporan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka menyusun rekomendasi kebijakan.
  6. Memiliki kemampuan yang baik dalam hal produk-produk dan akad pada keuangan syariah, akuntansi dan pelaporan keuangan, analisa laporan keuangan, keuangan Pemerintah dan Perusahaan, sistem keuangan konvensional dan syariah.
  7. Diutamakan memiliki sertifikasi dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Jobdesk

  • Menyusun dan mengevaluasi kebijakan/peraturan pasar keuangan syariah terkait dengan sharia accounting compliance serta  merekomendasikan pencatatan yang sesuai dengan standar akuntansi syariah atas instrumen, produk, dan transaksi dalam rangka pendalaman pasar keuangan syariah, baik pasar keuangan syariah komersial, sosial, dan integrasi keduanya, termasuk transaksi keuangan digital.
  • Melakukan review atas data, informasi dan laporan  perkembangan ekonomi dan keuangan syariah serta  Melakukan asesmen dan analisa kebutuhan pengembangan data, informasi dan laporan untuk mengembangkan sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, dan integrasi keduanya, termasuk  keuangan berbasis digital.
  • Menyusun dan merancang advis terkait asesmen untuk implementasi program Islamic Financial Sector Assesment Program (IFSAP).
  • Melakukan kajian dan penelitian/riset kebijakan serta menyusun policy action recommendation untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  • Memberikan advis pencatatan transaksi yang memenuhi sharia accounting compliance terkait dengan program pendalaman pasar keuangan syariah untuk pemangku kepentingan.
  • Menyusun pedoman riset dan menyusun, melaksanakan, memantau, mengevaluasi pilot project pengembangan skema pembiayaan syariah (pembiayaan komersial, sosial, dan integrasi keduanya), termasuk pola/mekanisme koordinasi, serta melakukan koordinasi dengan KPwDN dan otoritas terkait.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik  terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

2. AHLI FIQIH ISLAM (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendidikan minimal S2 Jurusan Ilmu Fiqih Islam
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021
  4. Komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Khusus kemampuan Bahasa Arab dibuktikan dengan Skor TOAFL (Test of Arabic as Foreign Languange).

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun di bidang ekonomi dan/atau keuangan atau lembaga konsultansi ekonomi/keuangan syariah
  2. Memiliki pengalaman dalam menyusun strategi kebijakan atau  menyusun rekomendasi policy action tekait dengan pengembangan produk keuangan syariah (baik sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, atau integrasi keduanya)
  3. Memiliki pengalaman dalam melakukan review atau due diligence atas pemenuhan aspek syariah terhadap suatu produk,  transaksi, kontrak /perjanjian/ akad, atau prosedur
  4. Memiliki pengalaman dalam bidang riset kebijakan, kajian/analisa,  asesmen, atau market review
  5. Memiliki pengalaman dalam menyusun dan memberikan usulan, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah
  6. Menguasai ilmu fikih dalam bidang ibadat, muamalat, munakahat, jinayat, ahkam as sulthaniyah, ijtimaiyah (wakaf)

Jobdesk

  • Menyusun, mengimplementasikan dan memantau pelaksanaan strategi pendalaman pasar keuangan syariah, baik sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, dan integrasi keduanya, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah.
  • Menyusun rekomendasi policy action untuk pengembangan pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia terkait dengan pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta melakukan koordinasi dengan otoritas terkait.
  • Menyusun kebijakan/peraturan pasar keuangan syariah.
  • Melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik  terhadap pasar keuangan syariah.
  • Menyusun, menyediakan dan melakukan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah untuk pemangku kepentingan, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah.
  • Melakukan dan mengimplementasikan kerangka pengembangan pasar keuangan syariah mencakup antara lain: pengembangan instrumen, mekanisme transaksi, basis investor, dan infrastruktur pendukung, termasuk transaksi keuangan berbasis digital, berkoordinasi dengan satker dan otoritas terkait lainnya.

3. AHLI KEUANGAN ISLAM (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendidikan minimal S2 Jurusan Ilmu Ekonomi, Bisnis, Manajemen. Diutamakan yang mempunyai spesialisasi di bidang Ekonomi/Bisnis/Manajemen syariah.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun diutamakan dibidang ekonomi keuangan syariah, konsultansi ekonomi/ keuangan syariah, audit keuangan syariah, atau treasury di multinational company/institusi keuangan syariah.
  2. Memiliki pengalaman dalam melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, terutama di sektor keuangan komersial, sosial, dan integasi keduanya, termasuk keuangan berbasis digital.
  3. Memiliki pengalaman menganalisis dan membuat laporan transaksi pasar keuangan syariah secara umum maupun khusus/case based (seperti kinerja instrumen pasar uang syariah, simulasi instrumen, forecasting pasar uang syariah, perilaku pelaku pasar, trading, likuiditas pasar).
  4. Memiliki pengalaman dalam mengompilasi dan mengolah data pasar keuangan syariah.
  5. Memiliki pengalaman dalam memberikan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi syariah terkait dengan manajemen risiko.
  6. Memiliki pengetahuan mengenai produk-produk keuangan syariah, behavioral finance, manajemen likuiditas, pasar Likuiditas (uang) syariah, pasar Modal, pasar uang Rupiah, portofolio management syariah, dan risk management.
  7. Diutamakan memiliki sertifikat CFA dan FRM minimal level 1.

Jobdesk

  • Melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  • Melakukan kajian pengembangan pasar keuangan syariah, baik sektor keuangan komersial, sosial, dan integasi keduanya, termasuk keuangan berbasis digital.
  • Mengompilasi dan mengolah data pasar keuangan syariah.
  • Menganalisis transaksi dan pasar keuangan syariah secara umum maupun khusus (case basis) seperti kinerja instrumen pasar uang syariah, simulasi instrumen, forecasting pasar uang syariah.
  • Mengonfirmasi isu/temuan analisa ke sumber data dan pelaku pasar keuangan.
  • Menyiapkan laporan analisa pasar keuangan syariah yang mencakup: analisa pelaku pasar, trading, likuiditas pasar dan pelaksanaan/kepatuhan pelaku pasar terhadap ketentuan BI.
  • Memberikan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi syariah untuk pemangku kepentingan terkait dengan manajemen risiko.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik  terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

4. ASSET & CONFIGURATION MANAGEMENT (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Industri.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun untuk perusahaan skala sedang dan besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman dalam menyusun dan mengelola Configuration Management Database (CMDB), Configuration Item (CI), dan Service Model.
  3. Memiliki pengalaman dalam menggunakan tools CMDB antara lain BMC Remedy dan Service Now.
  4. Memiliki pengetahuan dalam konsep ITSM (ITIL), khususnya service asset and configuration management.
  5. Memilik pengetahuan operasional tools CMDB seperti BMC Remedy.
  6. Memiliki minat sebagai Asset & Configuration Management.
  7. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang IT Asset Management.

Jobdesk

  • Mengelola, pendistribusian, dan penarikan aset SI.
  • Menyusun, memelihara, dan mengkinikan service model dan Configuration Management Data Base (CMDB)  layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah
  • Melaksaanakan audit untuk memeriksa akurasi CMDB dengan CI yang relevan yang existing serta memvalidasi kesesuaian Service Model yang tersedia

5. COMMUNICATION ANALYST (MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 diutamakan Jurusan Ekonomi.
  3. IPK minimal 3.00 dari 4.00
  4. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 19 April 2021.
  5. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun Bekerja di Media (Media cetak/online/eletronik sebagai jurnalis).
  2. Menunjukan atau memberikan Tulisan (dalam bentuk artikel)/Pemberitaan/Liputan terkait Bidang Ekonomi dan Keuangan yang pernah di publikasikan di Media Sosial/Surat Kabar/Media Massa.
  3. Memiliki interpersonal dan communication skill yang baik.
  4. Memiliki analytical skill yang baik.
  5. Mampu bekerja dalam tekanan.
  6. Bersedia bekerja lembur dan ditugaskan ke luar kota.
  7. Menguasai komputer minimal program MS Word, Powerpoint, Excel dan kemampuan digital literasi yang baik.
  8. Memiliki pengetahuan tentang kebijakan BI yang meliputi kebijakan moneter, makroprudensial, stabilitas sistem keuangan (SSK) serta sistem pembayaran.

Jobdesk

  • Mempersiapkan strategi pelaksanaan komunikasi melalui media massa dan pengamat ekonomi sejalan dengan strategi yang telah ditetapkan.
  • Mencatat dan membuat risalah kegiatan komunikasi, antara lain: konferensi pers, media briefing (BI Bareng Media), sosialiasi, kegiatan Focus Group Discussion (FGD), dll.
  • Memonitor berlangsungnya program komunikasi agar berjalan dengan baik.
  • Melakukan evaluasi terhadap program komunikasi yang telah dilakukan.
  • Melakukan kajian awal mengenai latar belakang pemilihan media massa dalam rangka kerjasama ruang pemuatan/placement, antara lain terkait tingkat oplah dan readership (media cetak), rating (media TV), traffic (media online), segmentasi audiens, serta ketersediaan rubrik ekonomi/bisnis.
  • Membuat draft Kerangka Acuan Kerja dan Rencana Anggaran sehubungan dengan pengadaan media massa dalam rangka kerjasama ruang pemuatan/placement.
  • Membuat draft Kerangka Acuan Kerja dan Rencana Anggaran sehubungan dengan pengadaan Event Organizer (EO) dalam hal penyelenggaraan kegiatan bekerjasama dengan EO

6. DATA ENGINEER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Matematika, Statistik.
  3. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun sebagai Data Engineer dan/atau Programmer di perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman menggunakan web service integration.
  3. Memiliki pengalaman implementasi ETL (Extract Transform & Load) /ELT.
  4. Memahami bahasa pemrograman (Java/.Net) dan database (Oracle/Ms.SQL).
  5. Memiliki minat sebagai Data Engineer.
  6. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang bahasa pemrograman atau database.

Jobdesk

  • Membuat data pipeline dan integrasi data dalam database/data warehouse/data lake.
  • Menyiapkan data yang dibutuhkan oleh Data Analyst (dari berbagai sistem internal dan eksternal BI, diantaranya data terkait Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah).
  • Mengembangkan dan memantau proses data movement

7. DEVOPS ENGINEER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Elektro.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan/implementasi sistem infrastruktur/software.
  3. Memiliki pengalaman menggunakan tools DevOps antara lain Atlassian Jira, Bitbucket, Bamboo, Confluence, GitHub, Jenkins, docker, puppet, selenium, kubernetes dan katalon.
  4. Memiliki pengetahuan akan metodologi Agile.
  5. Memiliki pengetahuan dalam operasional IT dan OS (Linux dan Windows).
  6. Memiliki pengetahuan tools otomatis DevOps atau yang sejenis.
  7. Memiliki minat sebagai DevOps.
  8. Memahami konsep pemrograman dan database.

Jobdesk

  • Merancang framework otomasi proses development, testing, dan operation (CI/CD pipeline)
  • Mengembangkan automated scripts dan implementasi tools otomasi
  • Memastikan seluruh sistem berjalan lancar, terpantau, dan memecahkan masalah yang muncul.
  • Berkolaborasi dengan Unit kerja terkait untuk merancang dan mewujudkan solusi software atau aplikasi sesuai kaidah DevOps

8. DIGITAL CONTENT ANALYST (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 diutamakan Jurusan Ekonomi, Manajemen, atau Komunikasi.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang baik. 
  5. Diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Kemampuan bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 1 tahun dalam bidang jurnalistik dan/atau Riset Asisten/creative  writing/Digital Marketing.
  2. Memiliki pengetahuan tentang kebijakan BI yang meliputi kebijakan moneter atau makroprudensial atau stabilitas sistem keuangan (SSK) atau sistem pembayaran.
  3. Mampu menggunakan aplikasi standar terkait penulisan (Microsoft office).
  4. Menunjukkan kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam lingkungan tim.
  5. Dedikasi untuk menyediakan output produk terbaik.
  6. Memahami dengan baik ISO 9001.
  7. Diutamakan pernah menyusun konten media sosial, dan promo media sosial.
  8. Diutamakan pernah menulis tulisan/artikel khususnya ekonomi dan keuangan.

Jobdesk

  • Melakukan kegiatan liputan reportase dengan baik.
  • Menyusun penulisan berita, artikel dsb dengan kaidah jurnalistik yang baik.
  • Mengolah hasil liputan dalam bentuk tulisan secara lebih kreatif dan menarik.
  • Melakukan Analisis terhadap perkembangan komunikasi digital dan Media Sosial.
  • Melakukan proses penyuntingan (editing).
  • Melakukan quality assurance terhadap konten dan hasil liputan (bentuk tulisan).
  • Membantu kegiatan jurnalis.
  • Menyiapkan konsep berita/info untuk dimuat di channel komunikasi BI.
  • Menyusun program engagement kepada netizen.
  • Mendukung pelaksanaan LIP BI sesuai best practice dan standar ISO 9001

9. FINANCIAL MARKET INFRASTRUCTURE & DEVELOPMENT (MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Diutamakan Bidang Keuangan, Akuntansi, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Matematika, Teknologi Informasi/Ilmu Komputer/Teknik Informatika, dan Teknik Industri.
  3. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 19 April 2021.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun di bidang pasar keuangan sebagai dealer/analis pasar keuangan.
  2. Memiliki pengalaman dalam mendesain dan mengembangkan produk pasar keuangan.
  3. Mempunyai pengalaman data manajemen.
  4. Memahami perkembangan pasar keuangan, baik di pasar uang dan di pasar valas.
  5. Memahami instrumen di pasar uang dan pasar valas termasuk derivatifnya.
  6. Memiliki pemahaman terkait Financial Market Infrastructure.
  7. Memiliki kemampuan pengolahan data untuk mendukung analisa pasar keuangan.
  8. Diutamakan memiliki pemahaman teknis tentang sistem dan teknologi informasi yang terkait dengan infrastruktur pasar keuangan.

Jobdesk

  • Mengkoordinasikan program kerja Bank Indonesia dalam mendukung penguatan infrastruktur pasar keuangan, diantaranya penyelenggaraan:
  • Trading venue 
  • CCP SBNT
  • Trade repository
  • Mempersiapkan infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan infrastruktur pasar keuangan:  ketentuan, SOP, Rulebook, akuntansi, pengelolaan data.
  • Membantu pengembangan instrumen pasar keuangan.
  • Membantu penyusunan ketentuan-ketentuan terkait transaksi dan infrastruktur di pasar uang dan pasar valas.
  • Melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk mempercepat proses terselenggaranya infrastruktur pasar keuangan.

10. HARDWARE, SERVICES & INFRASTRUCTURE ARCHITECT (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun untuk perusahaan skala sedang dan besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman merancang arsitektur infrastruktur teknologi.
  3. Memiliki pengetahuan dalam Infrastruktur Teknologi Informasi seperti Hardware, Software, Server, Jaringan, database, dan lainnya.
  4. Memiliki pengetahuan dalam merancang, menyusun standar solusi terkait infrastruktur teknologi.
  5. Memiliki minat sebagai Hardware, Services, and Infrastructure Architect.
  6. Diutamakan memiliki kemampuan dalam menggunakan tools pengelolaan arsitektur antara lain Mega hopex, Avolution, Software AG, dan LeanIX.
  7. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang arsitektur enterprise atau infrastruktur TI. 

Jobdesk

  • Merancang dan mengkinikan arsitektur teknologi dan roadmap untuk mendukung layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah yang selaras dengan arsitektur bisnis, informasi, dan aplikasi.
  • Menyusun rekomendasi solusi teknologi dan mengoordinasikan rancangan desain teknologi.
  • Menyusun dan mengkinikan standar teknologi yang digunakan.
  • Mengelola dan mengkinikan artefak arsitektur teknologi beserta keterkaitannya dengan arsitektur yang lain pada tools pengelolaan arsitektur.

11. HARDWARE, SERVICES & INFRASTRUCTURE ENGINEER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro.
  3. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun untuk perusahaan skala sedang dan besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman melakukan implementasi dan operasional infrastruktur teknologi.
  3. Memiliki pengetahuan dalam Infrastruktur Teknologi Informasi seperti Hardware, Software, Server, Jaringan, database, dan lainnya.
  4. Memiliki pengetahuan dalam implementasi, konfigurasi dan operasional terkait infrastruktur teknologi.
  5. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang infrastruktur TI.

Jobdesk

  • Melakukan pengembangan, implementasi infrastruktur TI untuk mendukung layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melakukan pemeliharaan dan operasional (monitoring, problem solving, dll) infrastruktur TI.
  • Melakukan evaluasi yang mendukung penyempurnaan rekomendasi, strategi, kebijakan infrastruktur TI.
  • Menyusun dokumen pengembangan dan operasional infrastruktur TI sesuai ketentuan

12. MOBILE/APPS DEVELOPER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman  HTML5, Java, Swift, Kotlin, atau C/C# (berpengalaman dengan lebih banyak bahasa merupakan poin lebih).
  3. Memiliki pengalaman melakukan programming dalam Tim.
  4. Memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi menggunakan metodologi Agile.
  5. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang bahasa pemrograman untuk aplikasi mobile.

Jobdesk

  • Melakukan pengembangan aplikasi (programming) secara inhouse untuk mendukung layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melakukan konfigurasi dan memberikan dukungan teknis selama implementasi dan pemeliharaan aplikasi.
  • Menyusun dokumen pengembangan aplikasi sesuai ketentuan.
  • Melakukan review program aplikasi yang ditulis (coding) pihak lain

13. PORTFOLIO MANAGER (MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Statistika, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen Keuangan, Bisnis, Teknik Industri, Akuntansi, Matematika, Teknik Informatika.
  3. IPK minimal 3.00 dari 4.00
  4. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris Minimal 550 untuk TOEFL Internasional / 85 untuk iBT Internasional / 6.5 untuk IELTS

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun.
  2. Memiliki pengalaman di sektor keuangan dan/atau sekuritas/perbankan dan lebih diutamakan di bidang asset management.
  3. Memiliki pengalaman dalam pengelolaan bidang treasury baik di front office maupun middle office.
  4. Memiliki kemampuan analisis, valuasi dan pengelolaan obligasi korporasi dan/atau saham.
  5. Diutamakan memiliki sertifikasi CFA dan/atau FRM

Jobdesk

  • Mendukung pencapaian target nominal income dan return (absolute dan/atau excess return).
  • Melakukan review pengelolaan aset pada kelas aset corporate bonds.
  • Bertanggung jawab mengusulkan strategi taktikal tahunan, bulanan dan mingguan untuk kelas aset corporate bonds.
  • Bertanggung jawab mendukung upaya implementasi keputusan investasi.
  • Melakukan review bahan analisis dan evaluasi perkembangan fundamental ekonomi negara tujuan investasi dan melakukan forecast pergerakan pasar keuangan global/regional.
  • Melakukan review outlook credit spread (review dan outlook) untuk kelas aset corporate bonds beserta implikasinya terhadap kelas aset corporate bonds.
  • Melakukan review kondisi emiten (issuer) untuk kelas aset corporate bond per sektor dalam pengelolaan cadangan devisa.

14. PROGRAMMER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer.
  3. Berusia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun melakukan programming aplikasi untuk perusahaan skala sedang dan besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman melakukan programming dalam Tim.
  3. Memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi secara Agile dan/atau Waterfall.
  4. Memiliki minat sebagai Programmer.
  5. Memahami bahasa pemrograman (Java/.Net).
  6. Memahami konsep database dan mampu menggunakan Database tools (oracle/ms.SQL).
  7. Memahami konsep pengembangan aplikasi dalam skala enterprise.
  8. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi dalam bahasa pemrograman dan database.

Jobdesk

  • Melakukan pengembangan aplikasi (programming) secara inhouse untuk mendukung layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melakukan konfigurasi dan memberikan dukungan teknis selama implementasi dan pemeliharaan aplikasi.
  • Menyusun dokumen pengembangan aplikasi sesuai ketentuan.
  • Melakukan review program aplikasi yang ditulis (coding) pihak lain

15. UI/UX DESIGNER (ASISTEN MANAJER)

Kualifikasi Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Multimedia, Ilmu Komunikasi, Design, Psikologi.
  3. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 19 April 2021.
  4. Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Kualifikasi Khusus

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di perusahaan skala sedang atau besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  2. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan atau mendesain UI/UX aplikasi web dan mobile.
  3. Memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi secara Agile
  4. Memiliki kemampuan melakukan analisa, desain, dan visualisasi untuk menciptakan tampilan dan penggunaan aplikasi yang user centric.
  5. Memiliki minat sebagai UI/UX Designer.
  6. Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang UI/UX Design.

Jobdesk

  • Mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk memahami profil pengguna dari sistem internal dan eksternal BI diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.
  • Melakukan analisa profil pengguna untuk memahami kebutuhan user interface dan user experience.
  • Melakukan visualisasi dan desain interaksi aplikasi (warna, tipografi, gambar, animasi, dan elemen desain lainnya).
  • Melakukan iterasi pada desain aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan masukan dari pengguna.

CARA MELAMAR

Bagi anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi diatas, silahkan kirim lamaran Lowongan Kerja Bank Indonesia April 2021 melalui link berikut:

DAFTAR LOWONGAN KERJA BANK INDONESIA APRIL 2021

Catatan: BANK INDONESIA bekerja sama dengan EXPERD Consultant untuk kegiatan Rekrutmen Calon Pegawai melalui jalur Pro Hire tahun 2021. Jika Anda menemui kendala selama proses seleksi, Anda dapat menghubungi melalui email : prohirebi@experd.com (24 jam selama pembukaan pendaftaran) atau nomor CS 1: 0813-1515-9134 / CS 2: 0857-1136-5389 / CS 3: 0813-1515-9132 / CS 4: 0877-7531-5350 / CS 5: 0857-8112-1140 pukul 08.00 – 17.00 WIB (pada hari kerja). Email pertanyaan akan direspons dalam 1 X 24 jam.

Lowongan kerja ini tidak dipungut biaya apapun. Lamaran yang tidak memenuhi kualifikasi diatas tidak akan diproses. Hanya kandidat terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Lamaran Lowongan Kerja Bank Indonesia April 2021 diterima paling lambat: 27 April 2021.

Follow Instagram @lokernesia.id untuk mendapatkan informasi Lowongan Kerja terbaru

Jangan lupa menabung kebaikan dengan membagikan informasi Lowongan Kerja Bank Indonesia April 2021 ke kerabat anda yang membutuhkan dan mencantumkan Lokernesia.id sebagai preferensi informasi lowongan kerja anda agar website ini tetap eksis