Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Interview Kerja Yang Memikat HRD

Tips Interview Kerja Yang Memikat HRD

Interview kerja biasanya menjadi momok tersendiri kepada para pencari kerja terlebih lagi bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja. Karena selain dari CV (Curriculum vitae), setiap gestur dan gerak gerik dalam menjelaskan atau menjawab seputar pertanyaan dari HRD akan diperhatikan dengan detail.

Pertanyaan saat interview kerja

Agar terlihat luwes dalam menjawab pertanyaan tentu perlu berlatih terutama dalam public speaking. Tanpa berlatih tentu saja kemampuan tersebut tidak didapatkan. Agar lebih jelas terkait hal apa saja yang perlu diperhatikan saat interview kerja, berikut penjelasannya :

1. Persiapan sebelum interview kerja

Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD terkait perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan tersebut. Selain itu juga terkadang ditanyakan terkait gambaran posisi yang dilamar di perusahaan tersebut serta pertanyaan motivasi kerja.

Hal tersebut ditanyakan untuk menguji kemampuan dan minat para pelamar kerja di perusahaan tersebut, agar tidak masuk hanya karena butuh pekerjaan saja.

Dalam mengatasi pertanyaan tentang perusahaan tempat melamar kerja dan posisi yang dilamar, tentu membutuhkan pengetahuan detail terkait perusahaan yang akan dilamar.

Sebaiknya persiapkan diri yang matang dengan mencari tahu detail dari perusahaan tersebut dan bidang pekerjaan yang dilamar agar dapat menjawab pertanyaan dari HRD secara mulus.

2. Komunikatif dalam wawancara kerja

Ketika mendapat pertanyaan dari HRD, tidak disarankan untuk menjawab dengan jawaban pendek bahasa hanya menjawab “ya” atau “tidak”.

Banyak dari pertanyaan HRD yang memancing agar para pelamar kerja lebih menjelaskan secara detail CV mereka. Sehingga ketika HRD menanyakan seputar CV anda, jangan hanya menjawab “benar” atau “salah” saja.

Penjabaran tentang CV oleh para pelamar juga menjadi nilai lebih bagi para HRD bahwa yang bersangkutan terlihat kompeten dan memahami seluruh potensinya.

Bisa menceritakan prestasi ataupun pengalaman yang pernah didapatkan sebelum melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Jawaban interview ceritakan tentang diri anda

Setiap interview biasanya ada pertanyaan mengenai menceritakan tentang diri anda berhubungan dengan tempat kerja yang anda lamar. Pertanyaan lain yang dilontarkan bisa berupa mengenai tugas detail dari posisi yang dilamar.

Selain itu juga bisa menanyakan terkait penilain kerja serta budaya atau kebiasaan ketika bekerja di perusahaan tersebut.

Hal ini juga akan menjadi informasi penting mengenai kesesuaian posisi  tugas yang diberikan serta perbandingan dengan gaji.

1. Mengeksplor latar belakang yang sama dengan lowongan

Sebagian HRD tentu masih percaya jika para pelamar kerja harus berlatar belakang yang sama dengan posisi yang diambil di perusahaan. Hal tersebut karena banyak beberapa hal-hal teknis yang harus dikuasai oleh orang yang mempelajari ilmunya.

Ketika banyak bersinggungan dengan latar belakang posisi lowongan tersebut, atau pernah berpengalaman di bidang tersebut, sebaiknya disampaikan.

Menyampaikan latar belakang yang sama secara detail tentu menambah penilaian pelamar pekerja tersebut adalah orang yang berpengalaman di posisi yang ia lamar.

2. Antusias dalam menanyakan perihal lowongan pekerjaan

Hal lain yang dapat memikat HRD dan menambah nilai lebih saat interview kerja adalah antusias dalam menanyakan perihal lowongan pekerjaan.

Antusias ini berarti menunjukkan bahwa sang pelamar memiliki antusias dan semangat untuk bergabung dalam perusahaan tempatnya melakukan interview tersebut.

Tentu hal ini akan menambah daya pikat, ini menjadi jawaban yang tepat saat interview bagi pemula yang bingung saat interview pertama kali.

3. Menjelaskan kemampuan dalam CV

Yang dimaksud dengan kemampuan tak terukur adalah seperti disiplin, komunikatif, mampu bekerja dalam tim dan sejenisnya. Hal-hal tersebut lebih baik tidak perlu dituliskan di CV para pelamar kerja ketika akan interview kerja.

Di dalam CV saat interview kerja, yang seharusnya lebih ditonjolkan adalah kemampuan terukur misalnya seperti kemampuan Bahasa Inggris yang dilihat dari TOEFL. Kemampuan tak terukur bisa dijelaskan secara langsung saat interview berlangsung.

Demikian beberapa tips dari Lokernesia.id dalam menjawab pertanyaan interview kerja, semoga berhasil dan sukses selalu :)

Jangan lupa menabung kebaikan dengan membagikan informasi Tips Interview Kerja Yang Memikat HRD ke kerabat anda yang membutuhkan dan mencantumkan Lokernesia.id sebagai preferensi informasi lowongan kerja anda agar website ini tetap eksis

Posting Komentar untuk "Tips Interview Kerja Yang Memikat HRD"

Berlangganan Loker via Email