Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Jitu Melamar Kerja Online

7 Tips Jitu Melamar Kerja Online

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk bertukar informasi dan mengirim pesan melalui email. Banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi untuk memudahkan dalam pencarian tenaga kerja baru.

Informasi tentang lowongan pekerjaan sekarang mudah di dapat melalui online, melamar kerja juga semakin mudah karena anda dapat melamar kerja online.

Anda sekarang tidak perlu repot ke kantor pos untuk mengirimkan lamaran pekerjaan, sekarang lamaran kerja lebih mudah dan praktis dikirim via email.

Namun, ada beberapa hal yang kadang dilupakan oleh para pelamar kerja. Kali ini Lokernesia.id akan memberikan tips untuk anda yang ingin melamar kerja online via online.

Berikut 7 hal yang perlu anda perhatikan sebelum melamar kerja online via email

1. Membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama

Sebelum mengirim email lamaran kerja, pastikan anda membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Kepraktisan melamar kerja online seringkali membuat kita jadi melewatkan informasi penting dalam lowongan pekerjaan.

Persyaratan dan dokumen apa saja yang harus disertakan, dan yang paling penting adalah alamat email perusahaan yang akan anda lamar.

2. Siapkan CV terbaikmu

Curriculum Vitae atau orang biasa menyebutnya dengan CV merupakan dokumen yang wajib anda siapkan dalam proses melamar pekerjaan.

CV merupakan dokumen yang berisi detail informasi mengenai diri seseorang, seperti nama lengkap, alamat, latar belakang pendidikan, organisasi, pengalaman kerja dan skill yang kita miliki.

Bukan hanya kelengkapan data, CV juga merupakan bentuk perkenalan diri anda kepada perusahaan. Sebelum melamar kerja sebaiknya periksa, perbaiki dan pastikan terlebih dahulu CV agar optimal cocok dengan bidang pekerjaan yang anda lamar sehingga CV anda dilirik oleh HRD.

3. Menyiapkan Cover Letter

Melamar kerja online memang memberi banyak kemudahan, namun demikian anda juga perlu menyiapkan cover letter. Sama dengan lamaran, cover letter merupakan surat pengantar ketika anda akan melamar kerja.

Cover letter yang baik akan memberikan kesan profesional kepada anda di mata HRD. Buat cover letter dengan menggunakan kata-kata dan etika yang sopan seolah anda sedang memperkenalkan diri anda di depan HRD.

4. Etika melamar kerja online via email

Saat anda melamar via email jangan lupakan etika pengiriman email. Cobalah memberikan sapaan saat mengirim email.

Contoh “Selamat siang Bapak/bu, perkenalkan saya Nisa bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk bahan pertimbangan saya lampirkan data yang diperlukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.”

Jangan biarkan email kosong dan hanya berisi data lamaran anda. Anda harus menyertakan beberapa kata pengantar agar menimbulkan kesan yang positif dan profesional kepada perusahaan yang anda lamar.

5. Mengisi subjek email melamar kerja online yang baik

Jika anda akan melamar kerja online via email jangan pernah terlewat untuk mengisi subjek email. subjek email yang tepat akan membantu HRD apakah posisi lamaran pekerjaan yang Anda apply.

Contoh “Lamaran kerja (posisi yang anda lamar)” jangan hanya menuliskan CV saja. Hal ini termasuk dalam etika mengirim lamaran via email.

Jika anda mengosongkan subjek atau menulis dengan asal maka bukan tidak mungkin email anda akan terlewat oleh HRD. Karena perlu di ingat email yang masuk bukan hanya email dari pelamar kerja saja.

6. Memastikan kembali sumber lowongan pekerjaan

Info lowongan pekerjaan yang semakin mudah didapat tidak menjamin setiap lowongan pekerjaan yang ada valid. Anda perlu memastikan diri apakah lowongan yang anda ajukan benar atau hanya fiktif belaka dan bahkan penipuan.

Caranya adalah dengan mencari website resmi perusahaan yang anda lamar dan menghubungi contact person yang tercantum untuk menanyakan lamaran yang akan anda lamar.

Semakin banyak informasi maka anda juga harus semakin berhati-hati dan selektif. Anda bisa memanfaatkan Lokenesia.id sebagai salah satu website yang menampilkan informasi lowongan kerja terbaru dan terpopuler.

7. Perhatian waktu mengirim email

Anda dapat mengirim email pada waktu jam kerja, antara jam 9 hingga jam 3 sore. Diluar waktu tersebut adalah waktu istirahat sehingga akan sangat jarang sekali HRD melihat email.

Jika anda mengirim email pada waktu yang tidak wajar seperti tengah malam, maka jangan berharap email anda akan segera di proses oleh HRD.

Itulah 7 tips jitu melamar kerja online dari Lokernesia.id dalam melamar kerja via email. jangan sampai anda melewatkan kesempatan karena kurang teliti dan tidak memperhatikan tips diatas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Jangan lupa menabung kebaikan dengan membagikan informasi 7 Tips Jitu Melamar Kerja Online ke kerabat anda yang membutuhkan dan mencantumkan Lokernesia.id sebagai preferensi informasi lowongan kerja anda agar website ini tetap eksis

Posting Komentar untuk "7 Tips Jitu Melamar Kerja Online"

Berlangganan Loker via Email